Langsung ke konten utama

Hypnobirthing di Lactamil Mama Class #WajahBundaIndonesia

Alhamdulillah, seneng bisa ikutan talkshow ibu Hamil deket rumah, lokasinya di RSIA Bunda Aliyah depok,  RSIA baru depan stasiun depok lama. Ini namanya rezeki dede bayi sholeh amin.


Talkshow nya dipersembahkan oleh Lactamil salah satu brand susu hamil yang rasa susu coklatnya enak kata saya mah,  mirip rasa ultra milk. Tadi pas registrasi dikasih segelas 😍 yang bikin kesemsem, jadi beli deh sekotak,  padahal sebelumnya udah beli susu merk lain,  gak suka dan masih mojok dipinggiran kulkas😂. Walau pake dikit drama pas mau beli karena rasa coklatnya udah habis, sisa vanilla. Sampe sempet mikir,  berarti gak boleh beli susu lagi nih.  Eh,  taunya abang² yang lain muncul bawain dua kotak rasa coklat, 😅yasudahlah.


Nah,  kembali ke laptop.  Talk show nya ada dua materi Sebenarnya. Materi pertama bertema "1000 hari kehidupan" di present sama dr. Maria Ulfa dari RSIA bunda Aliyah, tapi materi ini banyak dan ga sempet  ke photo slide nya (lebih tepatnya tadi ga kepikiran di photo, hehhehe) ,  jadi nunggu kiriman materi dari lactamil dulu,  biar bisa di curhatin dimarih

So, kita cerita tentang Hypnobirthing dulu aja ya,  soalnya masih berasa sensasinya 😍.
Di present sama Bidan Yanyan Mulyani,  SST., MM., M.Keb yang datang jauh dari Bandung.


Apa sih Hypnobirthing itu?
Secara singkat dimaknai dengan upaya alami untuk menanamkan nilai positif dalam masa kehamilan hingga persalinan dengan tenang dan sehat.

Intinya banyakin input positif ke dalam diri.
Contoh : Ibu Hamil sering rasa mules, diganti kalimat nya dengan "gelombang cinta" jadi saat perasaan mules datang terasa nikmat karena itu gelombang cinta 💖


5⃣Tahapan Hypnobirthing
1. Relaksasi dasar
✔ pernafasan ➡ hirup dari hidung keluar dari hidung
✔relaksasi sesuai sifat si mama
🎧Mama Auditori ➡ tenang saat dengar murottal Quran / musik classic
🏝Mama Visual➡ tenang saat melihat pemandangan indah
🤚🏻Mama kinestetik➡tenang setelah di usap / di sentuh oleh suaminya 😁
2. Moving Hypnosys ➡ dibantu pergerakan nya dengan
✔pendulum
✔teknik bola energi (sambil inhale-exhale kedua telapak tangan di beginikan 🙏 di depan dada)
✔teknik menggerak lengan, sama dengan bola energi, saat sudah relax tangan Akan bergerak sendiri
3. Sugesti positif➡yakin hamilnya sehat kuat bayi sempurna sholeh bertakwa sampai nanti persalinan lancar.
4. Komunikasi dengan Dede bayi, selalu Sapa dan ajak bicara, sampai untuk pemberian nama. Contoh:  "Assalamualaikum Dede bayi sholeh, ini ibu, Dede sehat dan kuat jadi kebanggaan dan di rahmati Allah ya nak. Nak, kalau kamu suka nama Muhammad gerak-gerak ya"
Nah kalau si Dede gerak berarti suka, kalau ga jangan dipaksain, jangan sampai  _keberatan nama_ 😅
5. Dukungan suami
Penting suami mendukung bahkan saat persalinan bukan hanya sekedar menemani tapi juga terlibat. Semisal, usap² si ibu supaya keluar hormon endorfin, hormon kasih sayang yang bikin si ibu bahagia jadi merasa Aman Dan nyaman, perlu juga dukungan Dari keluarga supaya si ibu senang banyak yang dukung Dan perhatian.

Hypnobirthing bisa dikatakan sekali positif (testpack) terus positif hamil-persalinan 😊

Maka semisal Ada terdiagnosis sungsang atau terlilit, langsung positif thinking dan bujuk Dede bayi sambil bilang "nak, posisi diatas ga enak, pindah yuk sayang biar sehat lancar"😘

Selesai materi Kita langsung praktek Hypnobirthing nya. Dimulai dengan mengosongkan kandung kemih alias disuruh pada pipis (BAK) dulu biar  concern, juga hape di silent mode. Dikasih tisu (awalnya ga ngeh, Kenapa dikasih tisu😅)

Pertama disuruh duduk tenang sambil inhale-exhale, tangan disamping dengan telapak menghadap atas, lalu perlahan pejamkan mata.

Ibu bidan nya langsung mulai mengarahkan diiringi musik merdu Nan lembut yang hampir bikin saya Bobo 😁.
Pengarahannya dimulai dengan disuruh merasakan ketegangan Dari kaki hingga pundak Dan wajah sampai akhirnya suruh di relax kembali
Lalu disuruh hanya fokus pada suara bu bidan Dan musik.
Kemudian usap perut sambil komunikasi ke Dede bayi terus disuruh bayangin wajah dede bayi nya, gak terasa air mata menetes. Selesai disuruh buka perlahan mata Dan Makin relax.

Yang masyaAllah menakjubkan saat beberapa ditanya pada ibu Hamil yang tadi airmatanya ngucur deres dan perutnya udah gede, katanya bisa lihat Dede bayi nya dengan jelas Dan Tau jenis kelamin nya perempuan (sama kayak hasil USG) MasyaAllah tabarakallah.
Kalau saya karena baru 12weeks pas usap² perut berasa Ada yg gerak keatas di perut bagian kanan, saya begitu aja udah netes airmatanya, jadi si ibu yg bisa lihat wajah dede bayi pantes aja ngucur deres airmatanya😁
Nah, tisunya berguna.
#happypregnant

Sekian, semoga manfaat, kalau Ada yang salah² tulis mohon dikoreksi 😊😘
oia ini alhamdulillah nya ikutan ini tuh dapet tiket gratis dari komunitas Wajah Bunda Indonesia. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAPUA Juarai Final FWD HACKATHON 2017

Team PAPUA , Pemenang FWD Hackaton 201 A jang kompetisi  FWD Life Hackathon 2017    kerjasama antara   PT FWD Life Indonesia   dengan lembaga Founder Institute yang telah berlangsung sejak bulan Agustus hingga September lalu, berakhir dengan gelaran final yang berlangsung pada hari Minggu, tanggal 24 September 2017. Setelah proses puncak HACKATON yang berlangsung 3 hari yaitu 22 - 24 September 2017 .  Aku dan teman teman blogger dan media berkesempatan hadir bergantian dalam tiga hari hackaton itu. Ada puluhan peserta yang sebelumnya lolos dalam 15 team, lalu karena persyaratan kompetisi dalam satu group terdiri dari minimal 5 orang maka ada yang di mergerkan dan menjadi dalam 12 team, mereka adaah peserta yang lolos dari roadshow di berbagai daerah dan tentu ada yang sampai harus menginap di Kejora Headquarter selama tiga hari .  Proses Workshop FWD Hackaton 2017 Sebelum gelaran puncak Final FWD Hackaton 2017, di hari sebelumnya 12 team melakuka