Langsung ke konten utama

﴾ *Pembiasaan Bagian Penting Pendidikan Anak

┏﷽πŸƒπŸ”΄πŸ”΄━━━━━━┓

۝ *Serial Parenting* ۝

┗━━━━━━━━πŸ”΄πŸ”΄πŸƒ┛

πŸ”Ή۩۞۞۞۝πŸ•ŒπŸ“šπŸ•Œ۝۞۞۞۩πŸ”Ή


﴾ *Pembiasaan Bagian Penting Pendidikan Anak* ﴿


πŸ”΅Tak mungkin anak akan membatasi diri dari melihat tontonan televisi, jika kedua orang tuanya justru sangat hobi nonton sinetron

πŸ”΅Repetition is mother of knowledge, demikian ungkapan Barat menyebutkan. Artinya, pengulangan atau pembiasaan adalah induk dari ilmu atau pun pengetahuan dan ketrampilan.

πŸ”΅Lebih operasional disampaikan oleh Zig Ziglar, “Repetition is the mother of learning, the father of action, which makes it the architect of accomplishment.”

πŸ”΅Maka tidak heran jika dalam dunia pendidikan di kenal istilah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bahkan, di dalam Islam, pendidikan bermula sejak seorang ibu positif mengandung.

πŸ”΅Anak yang sejak dalam kandungan terbiasa dengan perilaku baik ibu dan ayahnya, cenderung akan mudah memahami apa yang baik dan mengerjakannya. Termasuk ketika dibiasakan mendengarkan bacaan al-Qur’an, akan cenderung mudah menghafal Al-Qur’an di setiap fase pertumbuhannya.

πŸ”΅Untuk itu, penting bagi setiap orang tua mengkondisikan buah hati mereka dalam pendidikan yang berdimensi pembiasaan secara konsisten.

πŸ”΅Anak-anak perempuan misalnya, sudah harus dibiasakan dididik dari kecil menggunakan jilbab. Pembiasaan yang demikian akan memudahkan anak perempuan itu sendiri kelak memahami dan mengamalkan syariat menutup aurat.

πŸ”΅Termasuk soal kesehatan mata. Anak yang sejak kecil terbiasa melihat gadget orang tuanya bahkan dalam waktu berjam-jam setiap harinya, tidak lama sebelum masuk SD, anak tersebut sudah butuh terhadap yang namanya kacamata. Mengapa, kebiasaan, jawabnya.

πŸ”΅Tidak heran jika ada ungkapan bahwa manusia itu akan menuai apa yang menjadi kebiasaannya.

πŸ”΅Anak yang terbiasa mendengarkan al-Qur’an akan terdorong untuk melantunkan ayat-ayat al-Qur’an. Anak yang terbiasa mendengar lagu, ia akan mudah untuk bisa menyanyi, dan anak yang terbiasa menonton adegan kekerasan di dalam film juga potensial menjadi sangat agresif memukul teman-temannya.

πŸ”΅Sekarang, ketika kita melihat seorang wanita dengan begitu mudahnya meninggalkan rumah tanpa jilbab, hampir bisa dipastikan karena masa kecilnya tidak terbiasa menggunakan jilbab, ditambah kala dewasa, masih tidak memahami konsep wajibnya memakai jilbab.

πŸ”΅Dengan demikian maka, kebiasaan positif harus diupayakan. Ingat, kebiasaan bisa membangun dan menentukan masa depan. Orang sukses dan orang gagal, ditentukan oleh kebiasaan.

πŸ”΅Oleh karena itu penting kita memahami mengapa sholat harus lima kali dalam 24 jam sepanjang hayat, dan mengapa dzikir harus diamalkan sebanyak-banyaknya. Membaca al-Qur’an mesti berulang-ulang, bahkan dihafal dan dibaca diberbagai tempat dan aktivitas. Maknanya adalah pembiasaan.

πŸ”΅Dan, karena anak adalah peniru paling ahli dalam kehidupan, maka pembiasaan baik yang ditanamkan kepada buah hati mesti dibarengi dengan pembiasaan berupa keteladanan dari kedua orang tua. Tidak mungkin anak akan rajin membaca al-Qur’an, jika orang tuanya tidak memberikan keteladanan membaca al-Qur’an secara ajeg.

πŸ”΅Demikian pula, tidak mungkin anak akan membatasi diri dari melihat tontonan televisi, jika kedua orang tuanya justru sangat hobi nonton sinetron.

πŸ”΅Seperti dalam hal shalat, Rasulullah ο·Ί bersabda, “Suruhlah anak-anakmu mengerjakan shalat ketika mereka berumur tujuh tahun. Pukullah mereka jika mereka meninggalkan sholat ketika usianya sudah mencapai sepuluh tahun” (HR. Bukhari Muslim).

πŸ”΅Hadits di atas memberikan sebuah petunjuk bahwa masa paling lama dalam hal pembiasaan anak melakukan kebaikan adalah tiga tahun. Konkretnya dalam hal mendirikan shalat.

πŸ”΅Jika anak telah dibiasakan dari umum 7 tahun shalat dengan baik dan berjalan lancar, maka umur 10 tahun akan terbiasa alias otomatis mengerjakannya. Tetapi jika masih belum otomatis, maka ada yang salah dan karena itu perlu dievaluasi, tidak kemudian serta-merta anak dihajar karena memahami teks hadits secara parsial.

πŸ”΅Boleh jadi kondisi itu sudah mengindikasikan bahwa orang tua, perlu memahami apakah buah hati sudah bisa diajak berpikir atau belum.

πŸ”΅Jika sudah saatnya, maka sudah waktunya mereka mendapatkan pendidikan tahap berikutnya, yakni tentang makna, motivasi, alasan, fungsi dan manfaat dari sebuah ibadah atau kebiasaan baik, sehingga menjadi paham buah hati kemudian tergerak dengan sendirinya untuk mengamalkan atau membiasakan segala kebaikan-kebaikan di dalam Islam dan kehidupan.


✒️Imam Nawawi
πŸ“šHidayatullah.com


➖➖➖➖➖➖
۞Allahu A'lam

πŸ“–Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§ Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ£Ω† Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وأΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ

πŸ”Ή۩۞۞۞۝πŸ•ŒπŸ“šπŸ•Œ۝۞۞۞۩πŸ”Ή

πŸ“ *Ust. Miftahuddin*

۝Alumni Ma'had Hidayatullah, pengajar bahasa Arab sistem cepat, konsultan ta'aruf, pernikahan dan problematika rumah tangga dan ke-Islaman, pembina Grup WA AISAH, AKAT, BARIS, FATA-Qu, HASTA-Qu, IKBI, KARIMAH, KASABA, KIBAR, KILAT-Qu, KIPRAH, KISAH, KJI Annisa, KKS, KUPAS, SAHIDA, SUKMA dan ratusan grup lainnya.

πŸ’ž(Komunitas Rindu Menikah) ۞ *45*
♻️Bersama, memperbaiki diri meraih ridha-Nya♻️

πŸ’žTujuan grup :

πŸ“ Mempererat ukhuwah, saling mengingatkan dan bersama-sama memperbaiki diri, mengkaji ilmu syar'i dalam penantian jodoh, meraih ridha Allah ο·».

πŸ•ŒDistributed :

۝AISAH (Akademi Istri Shalihah)
۝AKAT (Akademi Ayah Teladan)
۝BARIS (Bahasa Arab Praktis)
۝IKBI (Info Kajian & Bisnis Islami)
۝KARIMAH (Komunitas Rindu Menikah)
۝KASABA (Komunitas Saling Berbagi)
۝KIBAR (Kuliah Singkat Bahasa Arab)
۝KILAT-Qu (Kuliah Singkat Tahsin Al-Qur'an)
۝KIPRAH (Kuliah Pra Nikah Online)
۝KJI Annisa (Kontak Jodoh Islami Annisa)
۝KKS (Kuliah Keluarga Sakinah)
۝KUPAS (Kuliah Parenting Spesial)
۝HASTA-Qu (Hafalan Satu Hari Satu Ayat Al-Qur'an)
۝SAHIDA (Sahabat Hijrah & Dakwah)
۝SUKMA (Silaturrahim, Ukhuwah & Kajian Muslimah

☎️Info : WA 082138929596

♻️ _Silahkan dishare_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAPUA Juarai Final FWD HACKATHON 2017

Team PAPUA , Pemenang FWD Hackaton 201 A jang kompetisi  FWD Life Hackathon 2017    kerjasama antara   PT FWD Life Indonesia   dengan lembaga Founder Institute yang telah berlangsung sejak bulan Agustus hingga September lalu, berakhir dengan gelaran final yang berlangsung pada hari Minggu, tanggal 24 September 2017. Setelah proses puncak HACKATON yang berlangsung 3 hari yaitu 22 - 24 September 2017 .  Aku dan teman teman blogger dan media berkesempatan hadir bergantian dalam tiga hari hackaton itu. Ada puluhan peserta yang sebelumnya lolos dalam 15 team, lalu karena persyaratan kompetisi dalam satu group terdiri dari minimal 5 orang maka ada yang di mergerkan dan menjadi dalam 12 team, mereka adaah peserta yang lolos dari roadshow di berbagai daerah dan tentu ada yang sampai harus menginap di Kejora Headquarter selama tiga hari .  Proses Workshop FWD Hackaton 2017 Sebelum gelaran puncak Final FWD Hackaton 2017, di hari sebelumnya 12 team melakuka

Hypnobirthing di Lactamil Mama Class #WajahBundaIndonesia

Alhamdulillah, seneng bisa ikutan talkshow ibu Hamil deket rumah, lokasinya di RSIA Bunda Aliyah depok,  RSIA baru depan stasiun depok lama. Ini namanya rezeki dede bayi sholeh amin. Talkshow nya dipersembahkan oleh Lactamil salah satu brand susu hamil yang rasa susu coklatnya enak kata saya mah,  mirip rasa ultra milk. Tadi pas registrasi dikasih segelas 😍 yang bikin kesemsem, jadi beli deh sekotak,  padahal sebelumnya udah beli susu merk lain,  gak suka dan masih mojok dipinggiran kulkasπŸ˜‚. Walau pake dikit drama pas mau beli karena rasa coklatnya udah habis, sisa vanilla. Sampe sempet mikir,  berarti gak boleh beli susu lagi nih.  Eh,  taunya abang² yang lain muncul bawain dua kotak rasa coklat, πŸ˜…yasudahlah. Nah,  kembali ke laptop.  Talk show nya ada dua materi Sebenarnya. Materi pertama bertema "1000 hari kehidupan" di present sama dr. Maria Ulfa dari RSIA bunda Aliyah, tapi materi ini banyak dan ga sempet  ke photo slide nya (lebih tepatnya tadi ga kepikiran d